Backpackeran Ke Pulau Dewata Bali

Jumat, 30 Januari 2015

Salam ransel kawan...

Sore ini gua bakal membagi pengalaman gua backpacking ke pulau dewata BALI, yaah siapa yang tidak kenal pulau bali, pulau dengan sejuta wisata alam yang indah mulai dari pantai dan pegunungan serta wisata adat dan budaya setempat. Sebenarnya ke pulau dewata ini tidak lah terlalu sulit lu tinggal beli tiket pesawat tujuan denpasar bali tapi dengan catatan lu harus punya budget yang super duper banyak, tiket pesawat ke bali masih terbilang mahal karena bali sendiri adalah daerah wisata banyak wisatawan lokal maupun mancanegara.

Nah disini gua bakal cerita perjalanan gua dan temen-temen  ke bali dan selama di bali pastinya seru banget brooo apalagi lu bawa cewe lu serasa bali milik berdua doang hahaha. Oh iya gua langsung mulai aja nih gua berangkat dari jakarta naik kereta api dari stasiun (pasar senen) menuju ke stasiun Jogja (lempuyangan) jam berangkat yg gua ambil 11.55-21.45 tiba di jogja. Selanjutnya gua ngelanjutin perjalanan jam 7.20 menuju stasiun banyuwangi baru. Saran gua mending lu ambil tiket yang jeda tiap transitnya 3-4jam kemungkinan kereta bisa saja telat.

Setelah sampe di banyuwangi kira kira pukul 22.15 kereta telat prakiran awal sampai banyuwangi jam 20.45. gua langsung siap-siap nyebrang ke bali dari pelabuhan ketapang, stasiun banyuwangi baru ke pelabuhan ketapang deket banget lu cuma jalan kaki kira-kira 300m dari stasiun.

Di depan stasiun ada indomaret disitu emang banyak pelancong seperti kami sepertinya itu titik poin untuk melanjutkan perjalanan ke bali. Lalu pergi menyebrang dari pelabuhan ketapang ke gilimanuk cuma 45 menit, setibanya di pelabuhan gilimanuk kami langsung naik bis jurusan terminal ubung denpasar, hati-hati bro disini banyak calo bis awas tertipu, oh iya ntar di akhir postingan gua bakal ngasi tau budget gua.

Sampai di terminal ubung kami langsung dikerubungi calo terminal sekali lagi hati-hati broo, dari terminal ubung lu bisa naik angkot bilang ke arah legian, monumen bom bali. Soalnya dari situ udah daerah kuta bro lu tinggal masuk ke gang poppies lane 2 disana lah banyak penginapan murah berikut nih gua kasi tau penginapan murah di poppies 2

Losmen Arthawan  (harganya udah pas)
Losmen cantik (Harganya udah pas)
Hotel dwipa bali (tempat kami menginap dan kami tawar harga semalamnya)

Di bali lu bisa keliling bali pake motor 60rb perhari waktu gua kemaren, bensin di bali beda dengan di jakarta harganya 7rb di SPBU. Oh iya nih gua kasi rute perjalanan gua selama di bali

Arah Nusa Dua
GWK-Dreamland-Pantai Pandawa- Pantai Padang padang- Uluwatu pura (kecak dance sore)

Arah Bedugul
Taman ayun- pura danau beratan ( danau yg ada di uang 50rb) sorry sob Cuma dua jaraknya jauh banget dari kuta

Arah ubud
Sangeh (taman monyet)- goa gajah pura- tanah lot (sunset tanah lot keren)

Buat oleh oleh
Pasar seni sukawati- malemnya atau sorenya lu bisa ke joger jaraknya 3km dari poppies 2, legian

Tambahan kalo sempet
Sanur-tanjung benoa-trunyan-danau batur (gua ga sempat ketempat ini soalnya jauh banget)

Oh iya kalo ke GWK lu kalo ada orang yang nyamperin mau bantuin lu masuk dengan harga 25rb atau 20rb mending lu terima aja soalnya harga tiket masuk GWK 50rb, ntar lu masuk dari belakang aman kok tenang aja hehehe

Disini lu harus nyobain makanan khas BALI ayam betutu wiih sedap bro lu kalo ke bali harus nyobain deh.

Tips dari gua sebelum lu pergi dari terminal ubung pas berangkat lu minta kontak sopir angkot supaya lu bisa dijemput ke legian, juga hati-hati preman di terminal ubung pas malam soalnya gua pas balik hampir adu jotos sama preman-preman terminal mereka maksain buat naik bis mereka, lu bilang aja tujuan lu gilimanuk jgn lu bilang tujuan asli lu cth jakarta, jogja, malang atau jawa mana pun.

Perjalanan PP
harga tiket kereta api 400rb
penyebrangan PP 14rb @8rb
bis gilimanuk-denpasar 100rb PP @50rb
angkot 40rb PP @20rb

Jakarta (pasar senen)-Jogja (lempuyangan)-Banyuwangi baru-pelabuhan ketapang-Giliamanuk- denpasar Ubung terminal-Kuta

Kuta-terminal ubung denpasar- Pelabuhan gilimanuk-ketapang- stasiun banyuwangi baru- Malang- jakarta (pasar senen)

Budget penginapan

Awalnya 150rb di tawar 135rb/kamar/malam (1 kamar maksimal 3 orang) 135rb bagi 3 jadi 45rb permalam

Sepeda motor 60rb/hari karena kami pake 5 motor jadi 60rb kali 5 jadi 300rb bagi 9 jadi 30rb perorang.

Total budget penginapan dan rental motor sampai 5 hari per orang kami menjadi 325rb
total budget gua semuanya 1,5jt.
Untuk tiket-tiket masuk paling mahal 50rb ada yang gratis cuma bayar parkir.
Sekian cerita gua selama backpacking ke pulau dewata yang pastinya lu harus punya keberanian, tekat yang kuat dan percaya diri insyaallah pasti bisa, ingat selama backpaking hanya membawa barang yang kita butuh bukan kita mau.